3 Tips Mengamankan WiFi Router yang Mesti Kamu Ketahui

3 Tips Mengamankan WiFi Router yang Mesti Kamu Ketahui
Assalamualaikum,
Tips Mengamankan Wifi Router - Banyak sekali faktor yang bisa menghasilkan melambatnya koneksi internet di rumah anda. Salah satunya umumnya berasal dari penyedia layanan masing-masing jaringan internet.
Tapi, anda pun Perlu tau ada pun penyebab lain yang Amat jarang di sadari.
Jika pada rumahmu mempergunakan jaringan Wireless router bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebarkan internet, wireless router yang sedang dipakai mampu saja menjadi satu dari sekian banyaknya dari penyebab melambatnya koneksi internet.
Ini terlaksana lantaran mungkin rumah anda sudah menjadi korban pencurian akses jaringan internet oleh pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.
Maka dari itulah sistem pengamanan wireless router Amat sekali dibutuhkan. Untuk melakukan tindakan pencegahan sebenarnya tatacaranya begitu gampang.


Berikut Ini Tips Mengamankan WiFi Router yang Mesti Kamu Ketahui








1. Masuk ke menu admin panel router


Untuk melakukan pengecekan tahap pertama yang Perlu anda lakukan merupakan masuk ke admin panel router. Seperti gambar berikut



Sumber : www.TP-link.us

Yang biasanya Suka di lakukan orang-orang merupakan ketik ip 192.168.1.1 ataupun 192.168.2.1 pada bar alamat firefox peramban.
Kalau ini tidak kunjung sukses, bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pengecekan alamat IP admin panel router secara manual anda mampu yang dengannya cara klik tombol start pada pojok kiri bawah layar, di kolom search lantas ketikan CMD lalu ketik ipconfig.
Nah, sesudah itu kelak akan muncul tampilan berita koneksi jaringan di pc anda. Di bagian baris yang terakhir “Default Gateway” merupakan alamat IP dari admin panel router. Lalu Kemudian, ketik alamat IP yang telah di sebutkan di bar alamat peramban bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu akses ke admin panel router.


2. Lakukan tindakan pengecekan MAC Address


Setelah sukses masuk ke admin panel router, Selanjutnya merupakan mengidentifikasi perangkat mana saja yang terhubung ke WiFi router anda.
Setiap perangkat yang terhubung ke WiFi, berita MAC Address perangkat yang telah di sebutkan pasti akan mampu terlihat di admin panel router.
Tampilan admin panel setiap brand router pasti akan berbeda-beda jenisnya. Tapi, pada biasanya urutan berita MAC Address ini mampu terlihat di bagian Wireless Configuration, Wireless Status, ataupun di bagian DHCP client.




Sumber : www.TP-link.us

Pada menu ini dia anda mampu melihat perangkat mana saja yang sedang terhubung ke WiFi serta melakukan identifikasi.
Kamy mampu hitung jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi router. Seperti misalnya, dirumah anda cuma ada 4 perangkat yang terhubung ke WiFi namun di panel tampilan yang telah di sebutkan tercatat ada 5 perangkat yang terhubung, Artinya dipastikan ada penyusup yang mencuri koneksi jaringan internet dirumah anda.


3. Cegah serta Hentikan yang dengannya Segera


Untuk bisa menghentikan aksi pencurian WiFi ini, anda wajib memperketat akses jaringan wireless router. Skenarionya pun mampu berbeda-beda.
Jika pada wireless router belum mempunyai keamanan password, segeralah anda pasang password di wireless routermu. Dan, misalkan wireless router telah di password akan tetapi masih mempergunakan password bawaan pabrik, anda pun diharusakan wajib sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah password yang telah di sebutkan sesuai yang anda inginkan agar tidal ada orang yang tahu.
Untuk mampu merubah password, tatacaranya pergi ke admin panel wireless router ini masuklah anda ke bagian pengaturan keamanan. Pada biasanya mengganti ataupun menambah kata dalam password mampu pun didapati di bagian PSK ataupun Pre Shared Key.



Sumber : www.TP-link.us

Setelah sukses merubah password di wireless router secara otomatis perangkat yang terhubung akan langsung terputuskan. Jadi, perangkat anda yang ada di rumah anda Perlu dihubungkan kembali ke wireless router yang dengannya mempergunakan password yang baru saja dibuat agar bisa kembali terhubung ke internet.



Sumber : www.TP-link.us

Supaya semakin lebih aman, cara penggantian password ini saya sarankan mampu di lakukan secara periodik.
Kamu pun boleh melakukan penggantian nama hotspot router wireless yang biasanya mampu diakses melalui menu di bagian Service Set Identifier (SSID) sesuai selera yang dimau-kan.


Untuk anda yang tentu saja gamau repot melakukan seluruh langkah diatas, tidak ada salahnya berinvestasi ke perangkat wireless router yang mempunyai system pengamanan yang Amat tinggi. Wireless router yang mempergunakan system enkripsi WPA2 mampu menjadi satu dari sekian banyaknya saran serta solusi yang lebih praktis.
Selain bisa mengantisipasi pencurian jaringan WiFi, Tips yang sedang saya berikan ini pun mampu menghindari rumahmu dari beragam tindak kejahatan cyber crime lain yang mempergunakan serta memanfaatkan koneksi jaringan internet anda semisal halnya pencurian data, penyebaran virus kedalam perangkat ataupun malah melakukan tindakan ilegal lain yang melanggar hukum.
Dan pada akhirnya, masalah keamanan pada wifi router ini memanglah terus menuntut sang pemakain bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih proaktif serta sadar akan bayaknya bahaya kejahatan cyber yang mungkin kapanpun mampu menyerang anda.
Demikianlah tulisan atau artikel dari saya mengenai 3 Tips Mengamankan WiFi Router.
Semoga berguna serta Selamat berupaya!
Baca pun :


Salam Sampein..


Rizky Aditya
Rizky Aditya

"Kami kalem . Blogger semaunya, tukang ngoprek."


Source Article and Picture : http://www.tapwe.site/2016/12/tips-mengamankan-wifi-router.html

0 komentar:

Posting Komentar