KOMUNIKASI DATA




   Yang di maksud dengan KOMUNIKASI (definisi) sebagai suatu sistem yang dipergunakan oleh seorang/lembaga/alat dalam memberikan suatu pesan kepada orang/lembaga/alat, dengan harapan orang dalam suatu lembaga yang menerima pesan (user) tersebut melalui suatu peralatan mengerti/memahami  isi pesan tersebut. Sehingga di mampu melanjutkan kegiatannya, serta mampu mengambil suatu kebijaksanaan dalam memutuskan kelanjutan sesuatu pekerjaan untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.
a.       Elemen sistem komunikasi pokok yaitu :
1.       Orang yang memberi pesan
2.       Orang yang menerima pesan.
3.       Pesan yang disampaikan.
b.      Elemen sistem komunikasi penunjang adalah :
1.       Media penyimpanan data (input).
2.       Media penyaluran/proses data.
3.       Media penampilan data (output).
c.       Jarak komunikasi:
1.       Jarak dekat langsung
2.       Jarak dekat melalui media
3.       Jarak menengah
4.       Jarak jauh
5.       Jarak sangat jauh.

Klafisikasi pesan yang di sampaikan oleh pengirim ke penerima dapat di bagi menjadi dua klasifikasi, yaitu :



Data informasi

1.       Data yang didefinisikan sebagi suatu fakta (keterangan) di masa yang lalu dari suatu kejadian (action), benda dll yang daapat bebentuk suara (audio), gambar (video) atau karakter (digital). Keterangan ini masih belum mampu di gunakan untuk suatu kegiatan (action) saat ini atau di masa yang akan datang dan sebagia bahan mentah suatu proses pengolahan data menjadi informasi.

Contoh data adalah simbol, kode, abjad, kata, sebagian dari struktur informasi seperti:

Nam orang : Budi,
Atau
Nama toko : Mulya,
Atau
Nama jalan : Jl,sudirman,
Dll.
2.       Informasi di definisikan sebagai suat hasil pengolah data yang dapat di pergunakan utnuk suatu kegiatan (action) saat ini, atau di masa yang akan datang. Informasi ini sudah membentuk suatu struktur data yang dapat memberi suatu keterangan yang
Ngkap dari satu data tersebut, sehingga apabila ada data yang hilang maka informassi akan menjadi salah.

Contoh informasi yaitu biodata yang berisi:

Nama             : Budi
Alamat           : Jl. Sudirman No.8
Pekerjaan      : Mahasiswa
Tgl lahir          : 15 Agustus 1966
Tempat lahir  : yogyakarta

3.       Perbedaan anatara data dan informas adalah waktu keguanaan keterangan dan strukturnya, untuk data belum dapat di guanakan antuk action pada hari ini maupun yang akan datang dan bentuk strukturnya terdiri dari abjadd, symbol, tanda, dst, yang membentuk suatu kata, perintah, nama benda dst. Sedangkan untuk informasi dapata di gunakan untuk menunjang suatu kegiatan (action) sehari-hari saat ini maupun mendatang dan informasi merupakan susunan dari data (struktur data) yang lengkap dimana struktur data tersebut dapat memberikan suatu keterangan secara lengkap yang dapat di ggunakan untuk melakukan suatu kegiatan (action).

SISTEM KOMUNIKASI
1.       Sistem satu arah (simplex) adalah suatu system komunikasi yang hanya dapat memberikan (mengirim) pesan saja, tapi tidak dapat menerima pesan dari tempat lain. Sistem ini, di pergunakan untuk stasiun radio, stasiun televisi , databasse, WEB.
2.       Sistem dua arah (Duplex di bagi menjadi Full Duplex dan Half Duplex) adalah suatu system komunikasi yang dapat di gunakan untuk memberkan (mengirim) pesan, dan juga dapat di gunakan untuk menerima pesan dari temppat lain. System ini, di pergunakan untuk keperluan percakapan langsung maupun telephon, pengiriman dan penerimaan dari penerimaan Sort Message System (SMS), pengiriman dan penerimaan elektronik mail, teleccnference, ATM, dsb.

Contoh Komunikasi :

1)      Sistem dua arah jarak dekat langsung.
Dua orang atau lebih yang terlihat suatu pembicaran.

A ke B (A pemberi pesan)

B KE A (B pemberi pesan)

Gambar 1 system dua arah  langsung
2)      Sistem dua arah jarak dekat melalui media
a.       Pada telekonference, telemeeting, telephone, e-mail.
b.      Jika A pengirm pesan, maka B sebagi penerima pesan
c.       Jika B sebagai pengirim pesan, maka A sebagai penerima pesan
3)      Sistem dua jarak jauh melalui media
4)      jarak jauh melalui media dan satu arah
5)      Sistem satu arah jarak sangat jauh.
6)      Sistem dua jarak sangat jauh.


KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

DEKSRIPSI

Maunisa merupakan makhluk sosial. Secara naluriah, makhluk sosial membutuhkan berkomunikasi dengan sesama. Tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa terjadinya konunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk komunikasi juga ikut berubah. Jika pada awalnya komunikasi terbatas di lingkungan sendiri, kini jangkauan komunikasi  setiap orang makin meluas. Hal ini membuka kemungkinan memperoleh sumber informasi baru dan memperluas lingkup interaksi dan diskusi.

Bagian 1 : Pengertian komunikasi daring

1.       Pengertian komunikasi
        Komunikasi telah di gunakan sejak manusia pertama di turunkan ke muka bumi . pada ahli memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut.
Komunikasi  adalah proses penyampaian pemikiran atau perasaan oleh di seseorang kepada orang lain dengan mengunakan lambang-lambnag yang bermakna bagi kedua pihak, dalm situasi tertentu  untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorangg atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapakan (Efendy.2000:13)
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain lain (Handoko,2002:30)
Tidak ada kelompok yang dapat eksis tanpa komunikasi. Menurut Robbins (2002:310) komunikasi adalah pentransferan makna di antara anggota kelompok. Lewat pentransferan makna,  informasi dan gagasan dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar menanamkan makna terapi juga harus dapat di pahami.
Rumusan ilmiah tersebut diatas barangkali tidak mudah di cerna, definisi atau batassan kominikasi yang lebih merakyat dan mudah di pahami adalah seperti yang dikemukakan oleh Masrini  (pelajaran bahasa perancis untuk pemula, 2003) dalam bahasa betawi sebagai berikut: “gua ngomong lu ngarti, lo ngomomg gua ngarti”. Dalam ragam tulis akan berbunyi sebagi berikut.

Komunikasi terjadi jika saya berbicar, anda mengerti, dan sebaliknya jika anda yang berbicara, saya mengerti.






(Komunikasi terjadi jika saya berbicar, anda mengerti, dan sebaliknya jika anda yang berbicara, saya mengerti).

Jika anda berbicara sedangkan mitra bicara anda tidak menegerti, atau sebaliknya, makna komunikasi belum terjadi.
Beberapa fungsi dari komunikasi anrata lain sebagai berikut:
1.       sebagai informasi : komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan inddividu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
2.       Sebagi kendali : kommunikasi bertinddak untuk mengendalikan pelaku anggota dama bebrapa cara, setiap organisasi mempunyai  wewenang dan garis paduan panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
3.       Sebagai motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapata di kerjakan untuk memperbaiki
4.       Sebagai pengukapan emosional : bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial,komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupan cara anggota untuk menunjukan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagian alat untuk memenuhi kebutuhan sosial,

2.       Jenis komunikasi

Kita mengenal 2(dua) jenis atua kateggori komunikasi.
A.      Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata , baik hal itu di ucapkan, maupun di tulis.
B.      Komunikasi nirkata atau nonveral, yaitu komunikasi  menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.

Berbekal  pengetahuan jenis atau kategori komunikasi tersebut, dapat dikatakan bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verba atau lisan (menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau media di gital seperti buku, majalah, laman, atua surel), maupun secara nirkata atau nonverbal (menggunakam bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara.
Kemampuan seseorang berkomunikasi  di ukur ddari seberapa akurat informasi atau pesan yang dikirim oleh komunikator (pengirim  informasi) dapat di terima oleh komunikan (penerima informasi) dan s   ebaliknya.hal tersebut juga menjadi ukuran seberapa mahir kita berkomunikasi.
Mengasah dan mengembangkan kemahiran berkomunikasi  dalam kehidupan keseharian adalahh penting. Karena dapat membantu keseluruhan aspek perkehidupan kita, baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan profesional. Kemampuan mengomunikasi pesan atau informasi secara jelas, akurat, seperti yang di maksudkan di atas adalah kecakapan hidup yang sangat vital dan tak dapat di abaikan. Jika anda merasa belum memilikinya, jangan berkecil hati. Tak ada istilah terlambat untuk meningkatkan kempampuan anda berkomunikasi, karena hal hal tersebut akan meningkatakan kualitas hidup anda. Contoh sederhana adalah ketika anda melamar pekerjaan. Saat itu anda sudah harus menununjukan kemahiran anda berkomunikassi. Mulai dari berbicara secara jelas, akurat, 

Tegas, tetapi tetap menjaga sopan santun, menatap mat pewawancara . satu hal lagii, latin dan biasaka menyimak (listen)dengan cermat , tidak sekedar mengedarkan (hear), dan menjawab pertanyaan secara cekatan dan cerdas. Tidak tergesa-gesa atau teburu-buru. Pikirkan terlebih dahulu sebelum anda mengatakan hal-hal itulah yang biasanya di tuntut pemberi kerja dari seorang pencari kerja.

0 komentar:

Posting Komentar