Osi Layer



Ini hanya sebagai selingan apabila anda ingin membuat sebuah design jaringan, maka anda harus terlebih dahulu juga mengetahui tingkat dasar jaringan, termasuk osi layer ini. Bagaimana paket data di kirimkan dan perangkat-perangkat yang anda gunakan sedang bergerak pada layer apa? Berikut penjelasanya :


  •      Physcal layer : fungsi dari layer fisik adalah mengendifisikan media fisik dari transmisi paket data contohnya, mengubah paket data menjadi sinyal electric yang di transfer melalui kabel  UTP network interface card (NIC) agar dapat interaksi dengan kabel radio.
  •           Data link layer : fungsi dari layer data link adalah bagaimna paket data didistribusikan melalui media tertetu (Enternet, HUB, Switch) menentukan bagaimana bit-bit data di kelompokan menjadi format yang di sebut pram, dan menentukan bagaimana perangkat jaringan seperti HUB,Brigde, Repeater, dan swicth beroperasi. Dalam layer ini ada 2 anak level yaitulapisan logical Link control (LLC) dan lapisan media access control (MAC) contohnya : paket data ddari ip Address di kirimkan oleh Ethernet   
  •           Network layer : fungsi layer network adalah untuk mendefinisikan akhir dari pengiriman paket data, mendefinisikan ip address mana yang harus di tuju dan untuk siapa pengiriman paket data terssebut, kemudian melakukan routing  InternetWorking melalui router, karena router adalah contoh  yang paling tepat dari definisi layer ini
  •           Transport layer : fungsi dari transport layer adalah untuk memecah data kedalam data kedalam-dalam paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat di susun kembali di sisi tujuan setelah di terima, selain itu layer ini juga dapat sebuah tanda / pesan bahwa paket di terima dengan sukse/Komplit. Layer ini mentransmisikan ulang paket-paket yang hilang di tengah jalan intinya, layer inni mngatur aryus koneksi dari satu ujung ke ujung yang lain dan mengendalikan error dalam proses pengiriman paket data. 
  •           Session layer : fungsi dari layer session adalah mendefinisikan bagaimana koneksi dapat di mulai, di control, dan di hentikan dalam komunikasi antar mesin contohnya : proses saat kita mengambil uang di mesin ATM, dari mulai memasukan pin sampai dengan mengambil uang sebelumnya,  mesin berkomunikasi dengan server tentang saldo rekeninng anda, dan jumlah yang anda minta dalam layer ini dapat menjumpai  SQL, NKS, RPC, dll.
  •            Presentation layer : fungsi dari layer ini adalah mendefinisikan format (speg, HTML) data yang akan di kirimkan dari aplikasii menuju jaringan format data ini di manupulasi sehingga dapat bisa d  mengerti oleh penerima. Contohnya : jika anda menerima E-mail tetapi tidak bisa tampil secara sempurna, berarti ada format yang tidak di kenali ini merupakan kegagalan persentasi.
  •           Application Layer : fungsi dari layer application adalah sebagai penghubung antar muka  yang mengatur bagaimana aplikasi pada komputer terhubung dengan fungsional jaringan. Protokol dalam lapisan ini adalah Http, FTP, SMTP, POPJ, dan NFS. 

0 komentar:

Posting Komentar